Rabu, 24 Agustus 2022

Jumat, 12 Agustus 2022

Projek Materi Microsoft Office Excel

Assalamu'alaikum anak-anak, semoga dalam keadaan sehat selalu ya..

Untuk materi Informatika hari ini mulai saya membagikan softfilenya lewat blog saya waktu zaman kuliah ya, biar kalian lebih enjoy belajarnya :)

Materi minggu ini masih tentang Microsoft Office, setalah minggu sebelumnya belajar Microsoft Word, sekarang belajar berhitung menggunakan aplikasi Microsoft Excel. 


Microsoft Excel adalah program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik (angka). Pengolahan data dilakukan menggunakan rumus dalam lembar spreadsheet.

Bentuk lembar kerja di Microsoft Excel berbeda dengan yang ada di Microsoft Word. Lembar kerja di Microsoft berbentuk kumpulan sel yang disusun jadi baris dan kolom, atau biasa dikenal dengan sistem spreadsheet.


Penyajian data di spreadsheet dapat divisualisasikan dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik bergaris. Aplikasi pengolah data numerik ini masih satu bagian dari paket Microsoft Office yang bisa diakses di dekstop dengan sistem operasi Windows dan MacOS.

Manfaat Microsoft Excel :
  • Untuk menghitung kumpulan data dalam berbagai operasi, seperti perkalian, pembagian, pengurangan, dan penjumlahan 
  • Pembuatan daftar laporan keuangan 
  • Untuk mencari nilai dari kumpulan data, misalnya nilai terendah atau terkecil, tertinggi, tengah, dan rata-rata 
  • Pembuatan daftar nilai 
  • Pembuatan daftar kehadiran atau presensi 
  • Perhitungan kurs mata uang 
  • Untuk menyajikan data dalam berbagai bentuk, seperti tabel, grafik, diagram batang, diagram garis, dan sebagainya.
Agar pengolahan data numerik berjalan secara akurat, pengguna perlu menggunakan rumus-rumus tertentu di spreadsheet Microsoft Excel. Ada beragam jenis rumus yang bisa dipakai untuk mengolah data sehingga tidak perlu menghitungnya secara manual.

Misalnya rumus SUM, yang berfungsi untuk menjumlahkan nilai dalam kumpulan data dan masih banyak lagi rumus lainnya. Selengkapnya, berikut 13 rumus Microsoft Excel yang biasa digunakan: 
  • SUM 

SUM adalah rumus Microsoft Excel yang berfungsi untuk menjumlahkan nilai dari kumpulan. Rumus ini juga bisa dipakai untuk mencari total nilai dari kumpulan data. Cara penulisan rumus SUM di Microsoft Excel yaitu "=SUM(cell pertama:cell terakhir)"

Contoh:  


  • AVERAGE

AVERAGE merupakan rumus Microsoft Excel yang berfungsi untuk menghitung nilai rata-rata. Cara penulisan rumus AVERAGE yakni "=AVERAGE(sel pertama:sel terakhir)".

Contoh:

  • IF

IF berfungsi untuk menampilkan kebenaran nilai dari kumpulan data. Cara penulisan rumus IF di Microsoft Excel adalah "=IF(nilai yang ingin dicari;[jika nilai sesuai maka X];[jika nilai tidak sesuai maka Y])".

  • MAX

MAX berfungsi untuk menampilkan nilai terbesar dari kumpulan data. Cara penulisan rumus MAX di Microsoft Excel adalah "=MAX(sel pertama:sel terakhir)".

Contoh:

  • MIN

MIN Kebalikan MAX, MIN memiliki fungsi untuk nilai terkecil dari kumpulan data. Cara penulisan rumus MIN di Microsoft Excel adalah banyaknya nilai yang ada di tiap sel dalam kumpulan data. Cara penulisan rumus COUNT di Microsoft Excel yaitu "=COUNT(sel pertama:sel terakhir)".

  • MATCH

MATCH merupakan rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari letak nilai tertentu yang ada di sel dalam kumpulan data. Cara penulisan rumus MATCH adalah "=MATCH(lookup_value:lookup_array;[match_type])". Baca juga: Daftar Rumus Microsoft Excel yang Sering Dipakai

  • FIND

FIND berfungsi untuk mencari huruf atau teks pada sebuah kalimat yang ada di sel. Cara penulisan rumus FIND di Microsoft Excel adalah "=FIND(find_text, within_text, [start_num])". 

  • DATE

DATE merupakan rumus yang digunakan untuk menampilkan keterangan waktu yang terdiri dari tanggal, bulan, dan tahun dalam sel. Cara penulisan rumus DATE di Microsoft Excel yaitu "=DATE(tahun;bulan;tanggal)".

  • CHOOSE

 CHOOSE digunakan untuk menampilkan sebuah nilai berdasarkan nomor indeks atau urutan tertentu dalam kumpulan data. Cara penulisan rumus CHOOSE di Microsoft Excel adalah :=CHOOSE(index_num;[nilai1];[nilai2]; ...)".

  • VLOOKUP

VLOOKUP merupakan rumus Microsoft Word yang berfungsi untuk menampilkan nilai pada kumpulan data yang bersumber dari suatu tabel dengan format susunan vertikal. Cara penulisan rumus VLOOKUP di Microsoft Excel adalah "=VLOOKUP(data yang ingin dicari nilainya, rentang nilai dari sel yang ada di tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH)".

  • HLOOKUP

HLOOKUP merupakan rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk untuk menampilkan nilai pada kumpulan data yang bersumber dari suatu tabel dengan format susunan horizontal. Cara penulisan rumus HLOOKUP di Microsoft Excel adalah "=HLOOKUP(data yang ingin dicari nilainya, rentang nilai dari sel yang ada di tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH)". Rumus ini bisa berbeda penulisannya di tiap dekstop, tergantung dari pengaturan dan versi Microsoft Excel yang dipakai pengguna. 

 

Demikian pengertian, manfaat, dan rumus dari Microsoft Excel. 

Untuk lebih jelasnya lagi silakan kalian download filenya disini kemudian hitung data-data yang disediakan



Continue reading Projek Materi Microsoft Office Excel

Jumat, 18 Februari 2022

Materi Logika dan Algoritma SIMDIG

Assalamu'alaikum anak-anak

Semoga dalam keadaan sehat selalu ya, hari ini kita belajar materi Logika dan Algoritma, apa itu? langsung saja simak materinya yaa.. 

1. LOGIKA

Manusia adalah mahluk paling mulia, sebab dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak diberikan kepada semua mahluk selain manusia. Salah satu kelebihan tersebut karena manusia diberikan akal pikiran, sehingga dapat memilih hal yang benar dan bermanfaat, serta meninggalkan yang tidak bermanfaat.

Manusia merupakan mahluk yang mampu berpikir dan bernalar dengan baik. Sebagai mahluk yang berpikir, manusia memiliki dua ciri yang melekat, yaitu rasionalitas dan moralitas. Rasionalitas akan menuntun manusia untuk bertindak menurut pikiran dengan pertimbangan yang logis. Sedangkan moralitas akan mendorong manusia untuk berlaku sopan santun, sesuai dengan norma yang berlaku.

Namun, ketika manusia berpikir, kadangkala dipengaruhi berbagai kecenderungan, emosi, subjektivitas, dan berbagai hal lain yang menjadikan kita tidak dapat berpikir jernih dan logis, sehingga menghasilkan kesalahan berpikir dan pada akhirnya akan mengakibatkan kesimpulan yang salah (sesat).

Dalam setiap keadaan, seorang manusia membutuhkan pola pikir logis. Berpikir logis yaitu berpikir dengan cara yang benar/masuk akal dan sesuai dengan hukum logika.

Logika berasal dari kata λόγος (logos), yang bermakna hasilnalar yang diutarakan dalam kata dan dinyatakan dalam bahasa.

Seseorang dapat mengungkapkan kebenaran berdasarkan penalaran logis. Dengan disertai bukti-bukti yang ada seseorang dapat menilai kebenaran pernyataan untuk akhirnya sampai pada pengambilan keputusan.

Manfaat yang akan didapatkan setelah mempelajari logika.

  • Menjaga supaya kita selalu berpikir benar menggunakan asas-asas sistematis.
  • Membuat daya pikir menjadi lebih tajam, dan menjadikannya lebih berkembang.
  • Membuat setiap orang berpikir cermat, objektif, dan efektif dalam berkomunikasi.
  • Meningkatkan cinta kebenaran dan menghindari kesesatan bernalar.

Bagaimana dengan perbandingan otak kanan yang dominan lebih berwarna dan manusiawi, jika hanya lebih mengutamakan logika tanpa rasa, layakkah siswa diajarkan seperti robot dengan program dan perintah tanpa rasa? Dalam memberikan penjelasan akankah lebih baik moderat dan digambarkan dengan baik. Cara kerja otak lebih nyata jika divisualisasikan.

Salah satu fungsi logika adalah sebagai alat untuk menarik kesimpulan. Kita dapat menggunakan alat ini setelah melakukan penalaran berdasarkan pernyataan-pernyataan benar (premis) yang ada. Penalaran untuk penarikan kesimpulan dibedakan menjadi dua jenis yaitu pola nalar deduktif dan induktif.

a. Deduktif : Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang umum ke khusus.
Contoh:
Umum Semua siswa SMK harus disiplin dan bertanggung jawab.
Khusus Sandi adalah siswa SMK.
Kesimpulan: Sandi harus disiplin dan bertanggung jawab.

b. Induktif : Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang khusus ke umum.
Contoh:
Khusus Devi rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan.
Khusus Yuda rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan.
Khusus Tika rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan.
Kesimpulan: Siswa yang rajin belajar akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. ALGORITMA


Algoritma adalah serangkaian langkah-langkah yang disusun menjadi urutan logis kegiatan untuk mencapai tujuan. 



Contoh algoritma misalnya ketika menyalakan komputer dengan langkah-langkah penyelesaian: periksa seluruh kabel-tekan tombol power pd CPU dan monitor, tunggu sampai selesai.

Algoritma yang baik merupakan tindakan yang benar dan masuk akal.

3. BAGAN ALIR (FLOWCHART)

Terdapat berbagai bentuk cara untuk mengomunikasikan algoritma, antara lain menggunakan bagan alir, pseudo code, dan bahasa pemrograman. Bentuk algoritma yang mudah dibaca adalah menggunakan bagan alir. 

Alasan menggunakan flowchart:
1) Dokumentasi Proses. Bagan alir dapat digunakan untuk mendokumentasikan proses menjadi lebih terorganisasi dengan baik.
2) Petunjuk untuk memecahkan masalah. Runtutan langkah dari yang umum menuju ke khusus atau sebaliknya merupakan petunjuk pemecahan masalah yang digambarkan dengan bagan alir.
3) Pemrograman. Bagan alir dapat digunakan untuk menggambarkan garis besar program yang akan dibuat. Bagan alir juga digunakan untuk merancang navigasi pengguna pada tampilan (user interface) aplikasi yang akan dibuat.
4) Mengomunikasikan hal-hal yang prosedural

Simbol bagan alir
Bagan alir tersusun dari berbagai simbol yang berbeda untuk mempresentasikan sebuah input, proses, maupun output yang berbeda. Berikut adalah berbagai simbol dan masing-masing kegunaannya 









Contoh berangkat ke sekolah Berangkat sekolah merupakan aktivitas harian siswa SMK, terdapat berbagai langkah yang dapat dipersiapkan sebelum berangkat hingga sampai ke sekolah. Kegiatan tersebut dapat dibuatkan menjadi salah satu bagan alir sebagai berikut. 



Proses mandi, sarapan, dan berangkat ke sekolah merupakan salah satu contoh subproses yang dapat dibagi lagi menjadi proses-proses lainnya. Masing-masing akan dijelaskan melalui algoritma sebagai berikut. 

Contoh algoritma ketika mandi 

Secara umum, algoritma yang digunakan adalah sebagai berikut. 
• Siapkan peralatan mandi, misalnya anduk, pakaian ganti, sabun, dll. 
• Setelah semua siap, masuklah ke kamar mandi. 
• Lepaskan baju. 
• Siramkan air ke seluruh anggota badan. 
• Gunakan sabun, sampo. 
• Bilas badan dengan air. 
• Gosok gigi. 
• Gunakan anduk untuk mengeringkan seluruh tubuh. 
• Pakailah baju ganti. 
• Keluar kamar mandi. Maka akan didapatkan subproses mandi sebagai berikut. 


Contoh algoritma ketika sarapan 

Sarapan adalah salah satu hal penting yang dapat siswa lakukan sebelum berangkat ke sekolah. Sarapan akan memberikan nutrisi pada otak, yang akan membantu mempermudah menerima pelajaran. Oleh karena itu, biasanya siswa yang mempunyai kebiasaan sarapan akan mempunyai prestasi lebih baik daripada siswa yang tidak sarapan. 

Pada pembahasan berikut, penjelasan terkait sarapan akan membantu memahami bagan alir penggunaan algoritma. 
• Lihatlah makanan pada meja makan, apakah tersedia atau tidak? 
• Jika tersedia, sarapan dapat dimulai. Jika tidak, ingin membuat atau membeli sarapan. 
• Periksa apakah tersedia bahan makanan yang dapat dimasak jika ingin membuat sarapan. 

Hasil bagan alir dari algoritma di atas adalah sebagai berikut.

Sumber :
Buku Simulasi Dan Komunikasi Digital (2013)










Continue reading Materi Logika dan Algoritma SIMDIG

Rabu, 09 Desember 2015

Membuat Program Kalkulator Sederhana menggunakan Java Eclipse

Hai selamat bertemu lagi, bagaimana kabarnya? baik bukan? saya harap begitu. :D

Dipostingan kali ini saya membagi sedikit ilmu yang saya dapat, yaitu membuat Program Kalkulator sederhana menggunakan Java.

Langsung saja kita mulai yaa..


  1. Buka Program Eclipse-nya.
  2. Buat package baru dengan nama "Kalkulator" tanpa petik. Kemudian buat class-nya dengan nama "TugasKalkulator" tanpa petik juga yaa..
  3. Setelah itu copy paste-kan code dibawah ini

    import java.awt.EventQueue;
    import javax.swing.JFrame;
    import javax.swing.JPanel;
    import javax.swing.border.EmptyBorder;
    import javax.swing.GroupLayout;
    import javax.swing.GroupLayout.Alignment;
    import javax.swing.JLabel;
    import java.awt.Font;
    import java.awt.Color;
    import javax.swing.JTextField;
    import javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement;
    import javax.swing.JButton;
    import java.awt.event.MouseAdapter;
    import java.awt.event.MouseEvent;

    public class TugasKalkulator extends JFrame {

    // deklarasi variabel
    protected static final Object JButton = null;
    private JPanel contentPane;
    private JTextField textField;
    private Float operasi1;
    private Float operasi2;
    private String tanda;
    private String back;

    /**
    * Launch the application.
    */
    public static void main(String[] args) {
    EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
    public void run() {
    try {
    TugasKalkulator frame = new TugasKalkulator();
    frame.setVisible(true);
    } catch (Exception e) {
    e.printStackTrace();
    }
    }
    });
    }

    /**
    * Create the frame.
    */
    public TugasKalkulator() {

    // sintax untuk pembuatan frame
    setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    setBounds(100, 50, 450, 300);
    contentPane = new JPanel();
    contentPane.setBackground(new Color(33, 33, 50));
    contentPane.setBorder(new EmptyBorder(5, 5, 5, 13));
    setContentPane(contentPane);

    //label judul untuk tulisan Nining S <<<Kalkulator>>>
    JLabel NiningKalkulator = new JLabel("Nining S");
    NiningKalkulator.setForeground(Color.white);
    NiningKalkulator.setFont(new Font("Tempus Sans ITC", Font.BOLD, 28));

    // label untuk tulisan hasil
    JLabel lblHasil = new JLabel("Nilai");
    lblHasil.setForeground(Color.white);

    lblHasil.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 13));

    // display hasil dan operasi kalkulator
    textField = new JTextField();
    textField.setBackground(Color.white);
    textField.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 17));
    textField.setColumns(10);

    // Syntax untuk menampilkan angka (0-9)
    JButton satu = new JButton("1");
    satu.addMouseListener(new MouseAdapter() {

    @Override
    // syntax untuk menjalankan aksi,jika button angka di klik maka akan tampil di layer display angka tersebut
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText(textField.getText()+"1");
    }
    });
    satu.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton dua = new JButton("2");
    dua.addMouseListener(new MouseAdapter() {

    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText(textField.getText()+"2");
    }
    });
    dua.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton tiga = new JButton("3");
    tiga.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText(textField.getText()+"3");
    }
    });
    tiga.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton empat = new JButton("4");
    empat.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText(textField.getText()+"4");
    }
    });
    empat.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton lima = new JButton("5");
    lima.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText(textField.getText()+"5");
    }
    });
    lima.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton enam = new JButton("6");
    enam.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText(textField.getText()+"6");
    }
    });
    enam.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton tujuh = new JButton("7");
    tujuh.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText(textField.getText()+"7");
    }
    });
    tujuh.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton delapan = new JButton("8");
    delapan.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText(textField.getText()+"8");
    }
    });
    delapan.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton sembilan = new JButton("9");
    sembilan.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText(textField.getText()+"9");
    }
    });
    sembilan.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton nol = new JButton("0");
    nol.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText(textField.getText()+"0");
    }
    });
    nol.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    // syntax untuk button operasi matematika(+,_,/,* dan =) dan juga tombol backspace dan clean

    JButton perkalian = new JButton("x");
    perkalian.addMouseListener(new MouseAdapter() {

    // syntax untuk menjalankan fungsi dari tombol yaitu operasi matematika pada kalkulator dan kemudian di tampilkan pada display
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    operasi1=Float.valueOf(textField.getText());
    tanda="*";
    textField.setText("");

    }
    });
    perkalian.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton pembagian = new JButton("/");
    pembagian.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    operasi1=Float.valueOf(textField.getText());
    tanda="/";
    textField.setText("");

    }
    });
    pembagian.setFont(new Font("Tahoma", Font.PLAIN, 11));

    JButton penjumlahan = new JButton("+");
    penjumlahan.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    operasi1=Float.valueOf(textField.getText());
    tanda="+";
    textField.setText("");
    }
    });
    penjumlahan.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    JButton pengurangan = new JButton("-");
    pengurangan.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    operasi1=Float.valueOf(textField.getText());
    tanda="-";
    textField.setText("");

    }
    });
    pengurangan.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    // syntax sama dengan
    JButton samadengan = new JButton("=");
    samadengan.addMouseListener(new MouseAdapter() {

    @Override
    //syntax untuk operasi samadengan dan di tampilkan pada display kalkulator (textfield)
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    operasi2=Float.valueOf(textField.getText());
    if(tanda.equals("*"))
    operasi1=operasi1*operasi2;
    else if(tanda.equals("/"))
    operasi1=operasi1/operasi2;
    else if(tanda.equals("+"))
    operasi1=operasi1+operasi2;
    else if(tanda.equals("-"))
    operasi1=operasi1-operasi2;
    textField.setText(String.valueOf(operasi1));
    }
    });

    samadengan.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 11));

    // syntax untuk backspace, menghapus angka per satu digit
    JButton btnBa = new JButton("  < Hapus  ");
    btnBa.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    int x;
    back=textField.getText();
    x=back.length();
    back=back.substring(0,x-1);
    textField.setText(back);

    }
    });
    btnBa.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 9));

    // syntax untuk menghapus angka yang telah di tekan secara keseluruah (clear)
    JButton btnC = new JButton("C");
    btnC.addMouseListener(new MouseAdapter() {
    @Override
    public void mouseClicked(MouseEvent arg0) {
    textField.setText("");
    }
    });
    btnC.setFont(new Font("Tahoma", Font.BOLD, 10));

    // syntax untuk menampilankan tulisan www.5302414021nining.com
    JLabel lblTmd = new JLabel("www.5302414021nining.blogspot.com");
    lblTmd.setForeground(Color.white);
    lblTmd.setFont(new Font("Simplified Arabic Fixed", Font.BOLD, 12));

    GroupLayout gl_contentPane = new GroupLayout(contentPane);
    gl_contentPane.setHorizontalGroup(
    gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.LEADING)
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addContainerGap()
    .addGroup(gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.LEADING)
    .addComponent(lblHasil)
    .addComponent(textField, GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 414, Short.MAX_VALUE)
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addGroup(gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.LEADING)
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addComponent(satu)
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addComponent(dua)
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addComponent(tiga))
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addComponent(empat)
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addComponent(lima)
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addComponent(enam))
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addComponent(tujuh)
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addComponent(delapan)
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addComponent(sembilan))
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addComponent(nol)
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addComponent(btnBa)))
    .addGap(23)
    .addGroup(gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.LEADING, false)
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addGap(2)
    .addComponent(perkalian)
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.UNRELATED)
    .addComponent(pengurangan, GroupLayout.DEFAULT_SIZE, GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE))
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addGroup(gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.LEADING)
    .addComponent(penjumlahan)
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addGap(2)
    .addComponent(pembagian, GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 39, GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
    .addComponent(btnC))
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.UNRELATED)
    .addComponent(samadengan)))
    .addContainerGap(169, Short.MAX_VALUE))))
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addGap(114)
    .addComponent(NiningKalkulator, GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 191, GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
    .addContainerGap(119, Short.MAX_VALUE))
    .addGroup(Alignment.TRAILING, gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addContainerGap(274, Short.MAX_VALUE)
    .addComponent(lblTmd)
    .addGap(22))
    );
    gl_contentPane.setVerticalGroup(
    gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.LEADING)
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addComponent(NiningKalkulator)
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addComponent(lblHasil)
    .addGap(10)
    .addComponent(textField, GroupLayout.PREFERRED_SIZE, GroupLayout.DEFAULT_SIZE, GroupLayout.PREFERRED_SIZE)
    .addGap(23)
    .addGroup(gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.BASELINE)
    .addComponent(satu)
    .addComponent(dua)
    .addComponent(tiga)
    .addComponent(perkalian)
    .addComponent(pengurangan))
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addGroup(gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.LEADING, false)
    .addGroup(gl_contentPane.createSequentialGroup()
    .addGroup(gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.BASELINE)
    .addComponent(empat)
    .addComponent(lima)
    .addComponent(enam)
    .addComponent(pembagian, GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 23, GroupLayout.PREFERRED_SIZE))
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addGroup(gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.BASELINE)
    .addComponent(tujuh)
    .addComponent(delapan)
    .addComponent(sembilan)
    .addComponent(penjumlahan))
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED)
    .addGroup(gl_contentPane.createParallelGroup(Alignment.BASELINE)
    .addComponent(nol)
    .addComponent(btnBa)
    .addComponent(btnC)))
    .addComponent(samadengan, GroupLayout.DEFAULT_SIZE, GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE))
    .addPreferredGap(ComponentPlacement.RELATED, 13, Short.MAX_VALUE)
    .addComponent(lblTmd))
    );
    contentPane.setLayout(gl_contentPane);
    }
    }
  4. Kemudian Klik Run, akan muncul hasil seperti berikut :

  5. Selamat mencoba,.
    Code dapat di rubah kok, silakan berkreasi sekreatif mungkin ^^



Continue reading Membuat Program Kalkulator Sederhana menggunakan Java Eclipse