Jumat, 18 Februari 2022

Materi Logika dan Algoritma SIMDIG

Assalamu'alaikum anak-anak

Semoga dalam keadaan sehat selalu ya, hari ini kita belajar materi Logika dan Algoritma, apa itu? langsung saja simak materinya yaa.. 

1. LOGIKA

Manusia adalah mahluk paling mulia, sebab dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak diberikan kepada semua mahluk selain manusia. Salah satu kelebihan tersebut karena manusia diberikan akal pikiran, sehingga dapat memilih hal yang benar dan bermanfaat, serta meninggalkan yang tidak bermanfaat.

Manusia merupakan mahluk yang mampu berpikir dan bernalar dengan baik. Sebagai mahluk yang berpikir, manusia memiliki dua ciri yang melekat, yaitu rasionalitas dan moralitas. Rasionalitas akan menuntun manusia untuk bertindak menurut pikiran dengan pertimbangan yang logis. Sedangkan moralitas akan mendorong manusia untuk berlaku sopan santun, sesuai dengan norma yang berlaku.

Namun, ketika manusia berpikir, kadangkala dipengaruhi berbagai kecenderungan, emosi, subjektivitas, dan berbagai hal lain yang menjadikan kita tidak dapat berpikir jernih dan logis, sehingga menghasilkan kesalahan berpikir dan pada akhirnya akan mengakibatkan kesimpulan yang salah (sesat).

Dalam setiap keadaan, seorang manusia membutuhkan pola pikir logis. Berpikir logis yaitu berpikir dengan cara yang benar/masuk akal dan sesuai dengan hukum logika.

Logika berasal dari kata λόγος (logos), yang bermakna hasilnalar yang diutarakan dalam kata dan dinyatakan dalam bahasa.

Seseorang dapat mengungkapkan kebenaran berdasarkan penalaran logis. Dengan disertai bukti-bukti yang ada seseorang dapat menilai kebenaran pernyataan untuk akhirnya sampai pada pengambilan keputusan.

Manfaat yang akan didapatkan setelah mempelajari logika.

  • Menjaga supaya kita selalu berpikir benar menggunakan asas-asas sistematis.
  • Membuat daya pikir menjadi lebih tajam, dan menjadikannya lebih berkembang.
  • Membuat setiap orang berpikir cermat, objektif, dan efektif dalam berkomunikasi.
  • Meningkatkan cinta kebenaran dan menghindari kesesatan bernalar.

Bagaimana dengan perbandingan otak kanan yang dominan lebih berwarna dan manusiawi, jika hanya lebih mengutamakan logika tanpa rasa, layakkah siswa diajarkan seperti robot dengan program dan perintah tanpa rasa? Dalam memberikan penjelasan akankah lebih baik moderat dan digambarkan dengan baik. Cara kerja otak lebih nyata jika divisualisasikan.

Salah satu fungsi logika adalah sebagai alat untuk menarik kesimpulan. Kita dapat menggunakan alat ini setelah melakukan penalaran berdasarkan pernyataan-pernyataan benar (premis) yang ada. Penalaran untuk penarikan kesimpulan dibedakan menjadi dua jenis yaitu pola nalar deduktif dan induktif.

a. Deduktif : Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang umum ke khusus.
Contoh:
Umum Semua siswa SMK harus disiplin dan bertanggung jawab.
Khusus Sandi adalah siswa SMK.
Kesimpulan: Sandi harus disiplin dan bertanggung jawab.

b. Induktif : Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang khusus ke umum.
Contoh:
Khusus Devi rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan.
Khusus Yuda rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan.
Khusus Tika rajin belajar, dia mendapat hasil yang memuaskan.
Kesimpulan: Siswa yang rajin belajar akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. ALGORITMA


Algoritma adalah serangkaian langkah-langkah yang disusun menjadi urutan logis kegiatan untuk mencapai tujuan. 



Contoh algoritma misalnya ketika menyalakan komputer dengan langkah-langkah penyelesaian: periksa seluruh kabel-tekan tombol power pd CPU dan monitor, tunggu sampai selesai.

Algoritma yang baik merupakan tindakan yang benar dan masuk akal.

3. BAGAN ALIR (FLOWCHART)

Terdapat berbagai bentuk cara untuk mengomunikasikan algoritma, antara lain menggunakan bagan alir, pseudo code, dan bahasa pemrograman. Bentuk algoritma yang mudah dibaca adalah menggunakan bagan alir. 

Alasan menggunakan flowchart:
1) Dokumentasi Proses. Bagan alir dapat digunakan untuk mendokumentasikan proses menjadi lebih terorganisasi dengan baik.
2) Petunjuk untuk memecahkan masalah. Runtutan langkah dari yang umum menuju ke khusus atau sebaliknya merupakan petunjuk pemecahan masalah yang digambarkan dengan bagan alir.
3) Pemrograman. Bagan alir dapat digunakan untuk menggambarkan garis besar program yang akan dibuat. Bagan alir juga digunakan untuk merancang navigasi pengguna pada tampilan (user interface) aplikasi yang akan dibuat.
4) Mengomunikasikan hal-hal yang prosedural

Simbol bagan alir
Bagan alir tersusun dari berbagai simbol yang berbeda untuk mempresentasikan sebuah input, proses, maupun output yang berbeda. Berikut adalah berbagai simbol dan masing-masing kegunaannya 









Contoh berangkat ke sekolah Berangkat sekolah merupakan aktivitas harian siswa SMK, terdapat berbagai langkah yang dapat dipersiapkan sebelum berangkat hingga sampai ke sekolah. Kegiatan tersebut dapat dibuatkan menjadi salah satu bagan alir sebagai berikut. 



Proses mandi, sarapan, dan berangkat ke sekolah merupakan salah satu contoh subproses yang dapat dibagi lagi menjadi proses-proses lainnya. Masing-masing akan dijelaskan melalui algoritma sebagai berikut. 

Contoh algoritma ketika mandi 

Secara umum, algoritma yang digunakan adalah sebagai berikut. 
• Siapkan peralatan mandi, misalnya anduk, pakaian ganti, sabun, dll. 
• Setelah semua siap, masuklah ke kamar mandi. 
• Lepaskan baju. 
• Siramkan air ke seluruh anggota badan. 
• Gunakan sabun, sampo. 
• Bilas badan dengan air. 
• Gosok gigi. 
• Gunakan anduk untuk mengeringkan seluruh tubuh. 
• Pakailah baju ganti. 
• Keluar kamar mandi. Maka akan didapatkan subproses mandi sebagai berikut. 


Contoh algoritma ketika sarapan 

Sarapan adalah salah satu hal penting yang dapat siswa lakukan sebelum berangkat ke sekolah. Sarapan akan memberikan nutrisi pada otak, yang akan membantu mempermudah menerima pelajaran. Oleh karena itu, biasanya siswa yang mempunyai kebiasaan sarapan akan mempunyai prestasi lebih baik daripada siswa yang tidak sarapan. 

Pada pembahasan berikut, penjelasan terkait sarapan akan membantu memahami bagan alir penggunaan algoritma. 
• Lihatlah makanan pada meja makan, apakah tersedia atau tidak? 
• Jika tersedia, sarapan dapat dimulai. Jika tidak, ingin membuat atau membeli sarapan. 
• Periksa apakah tersedia bahan makanan yang dapat dimasak jika ingin membuat sarapan. 

Hasil bagan alir dari algoritma di atas adalah sebagai berikut.

Sumber :
Buku Simulasi Dan Komunikasi Digital (2013)