Assalamu'alaikum anak-anak, semoga dalam keadaan sehat selalu ya..
Untuk materi Informatika hari ini mulai saya membagikan softfilenya lewat blog saya waktu zaman kuliah ya, biar kalian lebih enjoy belajarnya :)
Materi minggu ini masih tentang Microsoft Office, setalah minggu sebelumnya belajar Microsoft Word, sekarang belajar berhitung menggunakan aplikasi Microsoft Excel.
- Untuk menghitung kumpulan data dalam berbagai operasi, seperti perkalian, pembagian, pengurangan, dan penjumlahan
- Pembuatan daftar laporan keuangan
- Untuk mencari nilai dari kumpulan data, misalnya nilai terendah atau terkecil, tertinggi, tengah, dan rata-rata
- Pembuatan daftar nilai
- Pembuatan daftar kehadiran atau presensi
- Perhitungan kurs mata uang
- Untuk menyajikan data dalam berbagai bentuk, seperti tabel, grafik, diagram batang, diagram garis, dan sebagainya.
- SUM
SUM adalah rumus Microsoft Excel yang berfungsi untuk menjumlahkan nilai dari kumpulan. Rumus ini juga bisa dipakai untuk mencari total nilai dari kumpulan data. Cara penulisan rumus SUM di Microsoft Excel yaitu "=SUM(cell pertama:cell terakhir)"
- AVERAGE
AVERAGE merupakan rumus Microsoft Excel yang berfungsi untuk menghitung nilai rata-rata. Cara penulisan rumus AVERAGE yakni "=AVERAGE(sel pertama:sel terakhir)".
Contoh:
- IF
IF berfungsi untuk menampilkan kebenaran nilai dari kumpulan data. Cara penulisan rumus IF di Microsoft Excel adalah "=IF(nilai yang ingin dicari;[jika nilai sesuai maka X];[jika nilai tidak sesuai maka Y])".
- MAX
MAX berfungsi untuk menampilkan nilai terbesar dari kumpulan data. Cara penulisan rumus MAX di Microsoft Excel adalah "=MAX(sel pertama:sel terakhir)".
Contoh:
- MIN
MIN Kebalikan MAX, MIN memiliki fungsi untuk nilai terkecil dari kumpulan data. Cara penulisan rumus MIN di Microsoft Excel adalah banyaknya nilai yang ada di tiap sel dalam kumpulan data. Cara penulisan rumus COUNT di Microsoft Excel yaitu "=COUNT(sel pertama:sel terakhir)".
- MATCH
MATCH merupakan rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari letak nilai tertentu yang ada di sel dalam kumpulan data. Cara penulisan rumus MATCH adalah "=MATCH(lookup_value:lookup_array;[match_type])". Baca juga: Daftar Rumus Microsoft Excel yang Sering Dipakai
- FIND
FIND berfungsi untuk mencari huruf atau teks pada sebuah kalimat yang ada di sel. Cara penulisan rumus FIND di Microsoft Excel adalah "=FIND(find_text, within_text, [start_num])".
- DATE
DATE merupakan rumus yang digunakan untuk menampilkan keterangan waktu yang terdiri dari tanggal, bulan, dan tahun dalam sel. Cara penulisan rumus DATE di Microsoft Excel yaitu "=DATE(tahun;bulan;tanggal)".
- CHOOSE
CHOOSE digunakan untuk menampilkan sebuah nilai berdasarkan nomor indeks atau urutan tertentu dalam kumpulan data. Cara penulisan rumus CHOOSE di Microsoft Excel adalah :=CHOOSE(index_num;[nilai1];[nilai2]; ...)".
- VLOOKUP
VLOOKUP merupakan rumus Microsoft Word yang berfungsi untuk menampilkan nilai pada kumpulan data yang bersumber dari suatu tabel dengan format susunan vertikal. Cara penulisan rumus VLOOKUP di Microsoft Excel adalah "=VLOOKUP(data yang ingin dicari nilainya, rentang nilai dari sel yang ada di tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH)".
- HLOOKUP
HLOOKUP merupakan rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk untuk menampilkan nilai pada kumpulan data yang bersumber dari suatu tabel dengan format susunan horizontal. Cara penulisan rumus HLOOKUP di Microsoft Excel adalah "=HLOOKUP(data yang ingin dicari nilainya, rentang nilai dari sel yang ada di tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH)". Rumus ini bisa berbeda penulisannya di tiap dekstop, tergantung dari pengaturan dan versi Microsoft Excel yang dipakai pengguna.
Demikian pengertian, manfaat, dan rumus dari Microsoft Excel.
Untuk lebih jelasnya lagi silakan kalian download filenya disini kemudian hitung data-data yang disediakan.