Senin, 03 November 2014

User Interface

Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna(user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
User interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan. 

Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) danGraphical User Interface(GUI).


Command Line Interface (CLI)

Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.

Graphical User Interface(GUI)

GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).


Konsep User Interface
Mengkonsep user interface secra benar tidaklah mudah. Terdapat begitu banyak aspek yang pelu diperhatikan. User interface akan mengacu pada beragam aplikasi teknologi mulai dari electronic display, software aplikasi computer,aplikasi web, aplikasi mobile,hingga aplikasi kiosk Informasi public. Kioks adalah peralatan sistem informasi publik yang dirancang sedemikian rupa yang ditujukan untuk beragam kondisi user, baik secara usia, gender, latar belakang kultural, tingkat pemahaman dan pendidikan bahkan kondisi keterbatasan fisik yang berbeda.


Teknik antar muka /interface
Terdapat tiga teknik antar muka / inter face:

  • Linguistic styles
Linguistic styles adalah penyampaian “aksi” melalui bahasa yang dimengerti oleh computer. Cirri teknik ini antara lain:
•Masukan aksi melalui papan ketik alphabet yang ditulis atau diketik.
•Bahasa yang dimengerti oleh computer merupakan bagian kecil dari bahasa manusia
•Adanya aturan penulisan (syntax) dan semantic untuk menyatakan perintah
  • Key modal styles
Key Modals Style adalah penyampaian aksi melalui penekanan tombol-tombol yang deprogram sebelumnya untuk menjalankan fungsi-fungsi. Cir teknik ini antara lain:
•Masukan aksi melalui tombol fungsi atau tombol alphabet
•Instruksi langkah demi langkah
•Digunakan dalam system berjalan
  • Direct manipulation styles
Direct Manipulation Style adalah penyampaian perintah melalui manipulas objek tertentu. Cirri teknik ini antara lain:
•Ditampilkannya objek untuk interaksi pengguna
•Ditampilkannya penunjuk untuk memanipulasi objek
•Perintah diterapkan langsung pada objek
•Respon seketika pada fungsi objek

Semua antarmuka besar berbagi delapan kualitas atau karakteristik:

  1. Kejelasan Antarmuka menghindari ambiguitas dengan membuat semuanya jelas melalui bahasa, aliran, hirarki dan metafora untuk elemen visual.
  2. Amputasi Sangat mudah untuk membuat antarmuka yang jelas oleh lebih-memperjelas dan label segalanya, tapi ini mengarah ke antarmuka mengasapi, di mana ada terlalu banyak hal baru di layar pada saat yang sama. Jika terlalu banyak hal-hal yang di layar, menemukan apa yang Anda cari adalah sulit, dan begitu antarmuka menjadi membosankan untuk digunakan. Tantangan nyata dalam membuat antarmuka yang hebat adalah untuk membuatnya ringkas dan jelas pada saat yang sama.
  3. Keakraban Bahkan jika seseorang menggunakan sebuah antarmuka untuk pertama kalinya, unsur-unsur tertentu masih akrab. Metafora kehidupan nyata dapat digunakan untuk berkomunikasi makna.
  4. Responsiveness Sebuah antarmuka yang baik tidak perlu merasa lesu. Ini berarti bahwa antarmuka harus memberikan umpan balik yang baik kepada pengguna tentang apa yang terjadi dan apakah input pengguna sedang berhasil diproses.
  5. Konsistensi Menjaga antarmuka Anda konsisten di seluruh aplikasi Anda adalah penting karena memungkinkan pengguna untuk mengenali pola penggunaan.
  6. Estetika Walaupun anda tidak perlu membuat sebuah antarmuka yang menarik untuk itu untuk melakukan tugasnya, membuat sesuatu terlihat baik akan membuat waktu pengguna menghabiskan menggunakan aplikasi Anda lebih menyenangkan; dan pengguna bahagia hanya dapat menjadi hal yang baik.
  7. Efisiensi Waktu adalah uang, dan antarmuka yang hebat harus membuat pengguna lebih produktif melalui akses cepat dan desain yang baik.
  8. Pengampunan Sebuah antarmuka yang baik tidak harus menghukum pengguna untuk kesalahan mereka tetapi harus sebaliknya menyediakan sarana untuk memperbaiki mereka.


Jenis - jenis interface :
  • Antarmuka manipulasi langsung adalah nama dari sebuah kelas umum antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk memanipulasi objek disajikan kepada mereka, menggunakan tindakan yang sesuai setidaknya longgar ke dunia fisik.
  • Pengguna antarmuka berbasis web atau antarmuka web user (Wui) yang menerima input dan memberikan output dengan menghasilkan halaman web yang ditransmisikan melalui internet dan dilihat oleh pengguna menggunakan browser web Program.Implementasi yang lebih baru menggunakan Java , JavaScript , AJAX , Adobe Flex , Microsoft .NET , atau teknologi serupa untuk memberikan kontrol real-time dalam program terpisah, menghilangkan kebutuhan untuk me-refresh web browser berbasis HTML tradisional. Interface web administrasi untuk web-server, server dan jaringan komputer sering disebut panel kontrol .
  • Antarmuka baris perintah , di mana pengguna memberikan masukan dengan mengetikkan string perintah dengan keyboard komputer dan sistem menyediakan output dengan mencetak teks pada monitor komputer. Digunakan oleh programmer dan administrator sistem, dalam rekayasa dan ilmiah lingkungan, dan oleh pengguna komputer pribadi secara teknis canggih.
  • Sentuh user interface adalah antarmuka pengguna grafis menggunakan touchpad atau layar touchscreen sebagai perangkat input dan output gabungan. Mereka menambah atau mengganti bentuk lain dari output yang dengan haptic metode umpan balik. Digunakan dalam komputerisasi simulator dll
  • Antarmuka perangkat keras yang, antarmuka spasial fisik ditemukan pada produk di dunia nyata dari pemanggang roti, untuk dashboard mobil, untuk cockpits pesawat. Mereka umumnya campuran tombol, tombol, slider, switch, dan layar sentuh.
  • Interface Batch adalah antarmuka pengguna non-interaktif, di mana pengguna menentukan semua rincian pekerjaan batch di muka untuk batch processing , dan menerima output ketika semua proses dilakukan. Komputer tidak meminta masukan lebih lanjut setelah proses telah dimulai.
  • Percakapan Antarmuka Agen upaya untuk mewujudkan antarmuka komputer dalam bentuk orang animasi, robot, atau karakter lainnya (seperti Microsoft Clippy penjepit kertas), dan interaksi hadir dalam bentuk percakapan.
  • Antarmuka pengguna cerdas adalah antarmuka manusia-mesin yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kealamian interaksi manusia-mesin dengan mewakili, penalaran, dan bertindak atas model pengguna, domain, tugas, wacana, dan media (misalnya, grafis, bahasa alami, gesture).
  • Interface motion tracking memantau gerakan tubuh pengguna dan menerjemahkannya ke dalam perintah, saat ini sedang dikembangkan oleh Apple. 
  • Interface multi-screen, mempekerjakan beberapa menampilkan untuk memberikan interaksi yang lebih fleksibel. Hal ini sering digunakan dalam interaksi permainan komputer baik di arcade komersial dan baru-baru pasar genggam.
  • Antarmuka pengguna non-perintah, yang mengamati pengguna untuk menyimpulkan / kebutuhan dan niat nya, tanpa memerlukan bahwa ia / dia merumuskan perintah eksplisit.
  • Antarmuka pengguna refleksif dimana pengguna mengontrol dan mendefinisikan kembali seluruh sistem melalui antarmuka pengguna sendiri, misalnya untuk mengubah nyaverba perintah . Biasanya hal ini hanya mungkin dengan sangat kaya antarmuka pengguna grafis.
  • Pengguna antarmuka suara , yang menerima masukan dan memberikan output dengan menghasilkan konfirmasi suara. Input pengguna dibuat dengan menekan tombol atau tombol, atau menanggapi secara lisan ke antarmuka.
  • Interface alam-bahasa - Digunakan untuk mesin pencari dan pada halaman Web. Jenis pengguna dalam pertanyaan dan menunggu jawaban.
  • Interface Zero-input mendapat masukan dari satu set sensor bukannya query pengguna dengan dialog input.
  • Zooming user interface adalah antarmuka pengguna grafis di mana objek informasi yang diwakili pada tingkat yang berbeda skala dan detail, dan di mana pengguna dapat mengubah skala daerah dilihat untuk menunjukkan lebih detail.


Referensi :
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/User_interface&prev=search
http://www.caralengkap.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan.html
http://abdulghanni.blogspot.com/2012/10/tentang-user-interface-penghubung.html
http://senalastiansah.blogspot.com/2012/10/pengertian-user-interface-user.html